3 Jenis Investasi Yang Aman Saat Krisis

jenis investasi yang minim risiko

Kehidupan tidak selalu dalam bayangan yang menyenangkan, pada suatu ketika akan timbul gejolak-gejolak sosial dan politik yang membuat jatuh pada situasi krisis. Ketika dalam situasi yang sulit diprediksi kedepannya maka seorang investor harus memiliki analisa yang benar-benar tajam untuk memilih jenis investasi yang aman. Kriteria yang harus dipenuhi pada saat itu adalah pengembalian modal dan nilai keuntungan yang jelas.

Hal tersebut menjadi acuan utama agar modal yang dimiliki memiliki persentase aman yang lebih besar ketika harus memutuskan untuk dikembangkan dalam sebuah investasi jangka pendek maupun panjang. Dibawah ini ada beberapa pilihan investasi yang cenderung aman dengan meminimalisir tingkat resiko rugi.

Tabungan

Ini merupakan jenis investasi sederhana dan mudah dengan terus menambahkan jumlah nominal simpanannya untuk mendapatkan keuntungan dari bunga yang diberikan oleh pihak bank. Tabungan termasuk investasi yang aman dengan tingkatan bunga tetap terjamin. Tabungan biasa maupun berjangka seperti deposito adalah pilihan mudah ketika tidak melihat peluang investasi lain yang aman.

Emas

Sebagai logam mulia yang memiliki nilai “aman” dibandingkan mata uang kertas memang sudah diakui sejak lama. Emas menjadi alternatif investasi jangka panjang yang terhitung aman walaupun secara fisik untuk menyimpan dalam jumlah banyak cukup merepotkan. Sekarang ini sudah banyak yang menawarkan jual beli emas non fisik yang jelas memberikan kemudahan bagi para pembeli/investor namun juga perlu diingat bahwa tidak mudah menaruh kepercayaan penuh dalam memilih penjualnya. Oleh karena itu setiap informasi dan analisa perlu dilakukan dalam memutuskan membeli emas sebagai suatu investasi.

Bisnis

Pertama yang harus menjadi pemikiran utama adalah saat krisis situasinya adalah tidak menentu. Jika anda memilih menaruh uang pada bisnis maka jadikan itu investasi jangka pendek. Terlalu sangat beresiko jika anda berspekulasi investasi pada bisnis untuk jangka waktu yang lama. Analisa secara cepat di sekeliling anda atau kebutuhan pasar secara makro untuk mendapatkan usaha yang memiliki keuntungan yang jelas. Namun perlu diingat bahwa anda juga harus memperhitungkan rasio resiko yang memungkinkan bisa terjadi sehingga bisa melakukan keputusan cepat agar investasinya tetap aman.

BACA JUGA  Peluang usaha Budidaya Kelinci

3 jenis investasi diatas merupakan pilihan alternatif yang aman ketika terjadi gejolak krisis. Segala keputusan itu tentu memiliki faktor keuntungan dan kerugian yang berbeda. Maka sebagai seorang investor anda harus terus bisa kreatif dalam melihat berbagai situasi untuk mendapatkan banyak peluang investasi yang menguntungkan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *